Beranda > hal mistik, just info > Misteri Suku Dogon; Suku Terpencil Afrika dengan Pengetahuan Rahasia Astronominya (part1)

Misteri Suku Dogon; Suku Terpencil Afrika dengan Pengetahuan Rahasia Astronominya (part1)

Suku Dogon merupakan salah satu suku kuno Afrika. Dahulu mereka hanya dikenal sebagai salah satu penghuni benua Afrika, tapi pengetahuan mereka tentang kosmologi telah membuat peradaban mereka menjadi misteri. Sesuatu yang jauh di luar jangkauan peradaban manusia purba telah mereka lakukan. Inilah misteri tentang Suku Dogon dan bintang Sirius.

Misteri tentang apa yang dinamakan “secret knowledge of Dogon ’s” oleh para ilmuwan barat hingga saat ini telah banyak diangkat. Sepanjang penelusuran, sudah banyak yang mengangkat tentang suku Dogon, baik itu di kaskus, maupun di antara teman-teman blogger lainnya. Kali ini saya akan mengangkat misteri tentang suku Dogon yang fenomenal tsb.

ASAL MULA MISTERI SUKU DOGON

Suku Dogon mendiami pedalaman Afrika Barat Prancis (pada awal abad keduapuluh, semua daerah Afrika barat menjadi milik Prancis, sehingga dikenal dengan Afrika Barat Prancis). Suku Dogon bukanlah suku yang suka meng-uber-uber tentang kebudayaan mereka dan pengetahuan mereka ke
hadapan publik. Awal mula pengetahuan rahasia mereka terkuak dimulai ketika seorang ahli Antropologi dari Prancis menghabiskan 16 tahun dari masa hidupnya untuk mempelajari kebudayaan Suku Dogon. Marcel Griaule adalah ahli antropologi berkebangsaan Prancis yang menghabiskan 19 tahun untuk mempelajari kebudayaan Afrika. Dari 19 tahun tersebut, 16 tahun di antaranya digunakan untuk mempelajari secara khusus tentang kebudayaan suku Dogon. Dari sinilah misteri tentang secret knowledge of Dogon ’s mulai lebih dipertanyakan publik.

PENGETAHUAN RAHASIA
SUKU DOGON

Tepat pada tahun 1947 ketika Marcel telah 16 tahun berada di tengah-tengah suku Dogon, Marcel didekati oleh para tetua-tetua suku. Para tetua-tetua suku kemudian mengatakan kepadanya jika mereka akan menceritakan kepadanya tentang
pengetahuan rahasia suku Dogon. Pengetahuan yang bahkan oleh sebagaian besar masyarakat suku Dogon tidak tahu. Mereka menganggap Marcel telah terlalu lama menaruh minat terhadap mereka, sehingga mereka merasa layak untuk memberikan penghormatan kepada Marcel dengan menceritakan sesuatu dari suku mereka yang sangat rahasia. Pada hari itu juga adalah pertama kali suku Dogon menceritakan pengetahuan rahasia mereka kepada orang luar dengan cara yang sudah menjadi tradisi mereka secara turun-temurun dari generasi ke generasi mereka. Menceritakan semua pengetahuan tentang alam, suku, bahkan kepercayaan mereka secara lisan, tidak ada surat-surat kuno untuk dibacakan, hanya secara lisan.

Dari semua hal yang diceritakan para tetua suku Dogon kepada mereka, salah satu hal yang paling menarik adalah pengetahuan mereka tentang kosmologi. Mereka menceritakan bahwa permukaan bulan sungguh kering dan tandus, menceritakan tentang Saturnus sebagai planet yang memiliki cincin, menceritakan tentang Jupiter (yang mereka sebut Dana Tolo) sebagai planet yang memiliki empat bulan (satelit) besar. Mereka juga sudah tahu jika galaksi kita, galaksi Bima Sakti adalah galaksi bintang yang berbentuk spiral, dan mereka juga sudah tahu jika planet-planet dalam galaksi ini bergerak dalam orbit elips mengelilingi matahari.

Dari kisah inilah juga diketahui jika suku Dogon memiliki penghormatan khusus untuk bintang Sirius. Mereka tahu jika bintang yang selalu bersinar paling terang di malam hari ini sebenarnya bukan hanya satu, tetapi terdiri dari 2 bintang kembar. Mereka kemudian melanjutkan deskripsi mereka tentang bintang sirius dengan panjang lebar. Bintang paling terang yang biasa kita lihat adalah bintang Sirius A, merupakan bintang paling besar sekaligus yang paling terang dari 2 bintang kembar tersebut, yang disebut suku Dogon sebagai ’Sigi Tolo’. Bintang sirius A ini diorbit oleh bintang yang lebih kecil dari sirius B, sirius B yang oleh suku Dogon disebut Po Tolo atau juga dikenal degan Digitaria. Suku Dogon percaya jika bintang kecil ini adalah benda yang paling berat di alam semesta karena terbuat dari sebuah bahan metal yang mereka sebut Sagala. Bintang Po Tolo ini akan mengorbit Sigi Tolo setiap 50 tahun dalam sebuah orbit elips. Suku Dogon juga mengklaim jika ada bintang ketiga dalam sistem bintang ini yaitu, emme ya, yang berarti matahari para wanita. Bintang ini dideskripsikan sebagai bintang yang memiliki berat 4 kali lebih ringan daripada Po Tolo, bergerak ke arah yang sama di dekat Sigi Tolo tapi dengan orbit yang lebih besar. Emme ya dikatakan memiliki satelit atau planet sendiri yang disebut Goatherd (gembala kambing) atauthe star of women (bintang para wanita). Semua ini tergambar dalam topeng sigui tua yang berumur 400 tahun yang mewakili kosmologi. Semua pengetahuan di atas dideskripsikan.. (Continued to part2 (lihat di kategori hal mistik)

  1. 28 Mei 2010 pukul 5:55 pm

    Assalamu ‘alaikum mas,

    Saya abis mampir di BLog mas, wahh.. sangat bagus dan bermanfaat apalagi seperti pemula kayak saya.

    Dan betapa senangnya apabila mas, mau juga mampir di BLog saya :D

    Ini alamat blog terbaru saya http://baru2.net

    Salam kenal,
    Dedy Kasamuddin

  2. marsono
    6 Juni 2010 pukul 8:18 pm

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Salam kenal mas,saya suka mempelajari astrologi,blog ini sangat mendukung informasinya,dan ini informasi yang terbaru saya dapat
    Kapan lanjutannya dimuat?,saya tunggu mas !.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    • 7 Juni 2010 pukul 2:28 pm

      terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.
      Artikel part2nya sudah ada dan bisa di cari di kategori hal mistik di blog saya.

  3. 7 Juni 2010 pukul 9:14 am

    wah hebat sekali mereka

  4. 7 Juni 2010 pukul 12:20 pm

    http://www.lill.jw.lt

    Makasih apa itu beneran?

    • 10 Juni 2010 pukul 1:31 pm

      sulit memang untuk percaya.. apalagi suku tersebut terletak dipedalaman yg jarang dikunjungi orang. tp kalau melihat cerita, keseriusan marcel griaule thd suku ini, dan juga ketepatan dari pengetahuan2 yg mereka tahui sepertinya kisah dan pengetahuan2 mrk benaran nyata deh..

      Thx sudah berkunjung.
      Salam kenal..

  5. 7 Juni 2010 pukul 6:20 pm

    Kueereeenn….. [ http://www.eDetik.com ]

  6. nita
    8 Juni 2010 pukul 7:58 am

    lebih diperbanyak berita ttg suku-suku pedalaman yg mungkin kita belum tahu. karna ini sangat bermanfaat

    • 10 Juni 2010 pukul 1:36 pm

      oke! nanti kalau ada bacaan menarik pasti saya post keBLoG ini…

      Thx sudah berkunjung..

  7. 8 Juni 2010 pukul 10:46 am

    Artikel yang sungguh bagus mas lazyardi. begitu banyak sebenarnya ragam kebudayaan yang belum terkuak dan masih menjadi misteri di dunia ini. saya berharap artikel ini akan membuka mata kita bahwa “dunia itu tak selebar daun kelor” . hal ini menambah wawasan saya. thank untuk share-nya

  8. 8 Juni 2010 pukul 11:51 am

    salamkenal…
    wah bisa jd tandingan suku maya nih…
    menarik loh…

    • 10 Juni 2010 pukul 1:38 pm

      hehehe…
      Bisa juga tuh..

    • medi
      10 Juli 2010 pukul 1:03 am

      salam kenal juga ama kamu rika…

  9. 8 Juni 2010 pukul 12:04 pm

    ternyata dunia ini memeng menyimpan berjuta misteri yah…

    salam
    dipakalawi

    diunggu dirumah kecilku

    http://lifeoffutures.wordpress.com/

  10. meika
    8 Juni 2010 pukul 2:31 pm

    infrmsi sprti ini bgs untuk lbh mnambah pngetahuan…….

  11. 8 Juni 2010 pukul 9:21 pm

    Wah, artikel yang menarik. Kunjungan balik ya http://www.tipscunong.blogspot.com

  12. 10 Juni 2010 pukul 1:17 pm

    @dedy kasamuddin, @forlan, @meika, @allen kristiyono, @ dipa kalawi:

    Terima kasih sudah berkunjung dan menulis komentar diBLog kecil saya ini..
    Salam kenal.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: