Beranda > hal mistik, just info > Nessie, sang Monster penghuni danau Loch Ness

Nessie, sang Monster penghuni danau Loch Ness

Nessie, monster penghuni danau Loch Ness, Skotlandia memang begitu melegenda diseantero dunia. Bahkan keberadaannya telah dilaporkan sejak abad ke-7. Puluhan ekspedisi telah dilakukan, serta ratusan sonar pernah diarahkan kedanau Loch Ness untuk mendeteksi keberadaan Nessie, namun semuanya seperti sia-sia. Nessie terlalu pemalu. Ia mungkin hanya berani menampakkan dirinya disaat-saat tertentu saja. Beberapa laporan serta bukti-bukti berupa foto yang berhasil dikumpulkan dari beberapa saksi mata memperlihatkan bahwa monster penunggu danau Loch Ness memiliki ciri-ciri yang tak jauh berbeda dengan Mokele-mbembe. Ia juga bertubuh besar dan berleher panjang dengan ukuran kepala yang kecil. Namun berbeda dengan Mokele-mbembe yang dideskripsikan sebagai Dinosaurus Sauropoda, Nessie lebih sering dimasukkan kedalam kerabat Plesiosaur.

Di tahun 2007 lalu, kembali beredar video kontroversial mengenai sosok Nessie yang diambil oleh seorang wisatawan bernama Gordon Holmes. Dalam video tersebut dengan jelas terlihat bayangan seekor makhluk yang diperkirakan memiliki panjang tubuh sekitar 14 meter sedang berenang menyusuri danau dengan gerakan yang cepat. Bayangan hitam tersebut dapat dengan jelas terlihat dari permukaan danau. Mungkinkah itu Nessie? silakan kawan-kawan saksikan videonya yang banyak ada di youtube dan analisa sendiri kebenarannya.

Beberapa penjelasan yang ditawarkan mengatakan bahwa kemungkinan fenomena Nessie hanyalah merupakan kesalahan identifikasi terhadap suatu makhluk hidup ataupun fenomena alam biasa. Di tahun 1979, ahli biologi, Dennis Power mengatakan bahwa sosok yang terlihat didalam Surgeon’s Photograph hanyalah seekor gajah yang sedang berenang, dimana kepala dan badannya tenggelam kedalam air dan hanya terlihat belalainya saja yang menjulang keatas. Belalai gajah yang menjulang keatas itulah yang memberi kesan seakan-akan itu bentuk dari leher dan kepala sesosok makhluk penunggu danau yang dikenal sebagai Nessie. Teori lainnya menyebutkan sosok yang disebut Nessie itu hanyalah merupakan batangan kayu besar yang mengembang di dasar danau. Kayu-kayu ini mungkin mulanya tenggelam didasar danau, namun sewaktu-waktu ia dapat kembali menyembul kepermukaan air. Kesan inilah yang seolah-olah memperlihatkan munculnya seekor monster dari dasar danau.

Keberadaan Nessie di danau Loch Ness memang selalu menimbulkan perdebatan. Banyak yang skeptis, namun tak sedikit pula yang meyakini Nessie benar-benar eksis. Mungkinkan monster ini merupakan sosok dari hewan prasejarah Plesiosaurus yang berhasil “lolos” dari kepunahan 65 juta tahun silam? Ataukah benar Nessie hanyalah makhluk yang ada dipikiran utopis kita dan tidak akan pernah dibuktikan keberadaannya? Biarlah waktu yang akan menjawabnya.

  1. 28 Mei 2010 pukul 5:57 pm

    Assalamu ‘alaikum mas,

    Saya abis mampir di BLog mas, wahh.. sangat bagus dan bermanfaat apalagi seperti pemula kayak saya.

    Dan betapa senangnya apabila mas, mau juga mampir di BLog saya😀

    Ini alamat blog terbaru saya http://baru2.net

    Salam kenal,
    Dedy Kasamuddin

  2. HilMy !nfo
    28 Mei 2010 pukul 6:08 pm

    wah.. postingan yang menarik..

    silahkan kunjungi blog kami yang membahas akan berbagai artikel informatif di.. http://hilmyinfo.wordpress.com

    salam😀

  3. 29 Mei 2010 pukul 6:34 pm

    Terima kasih krn sudah membaca dan mau menyempatkan menulis komentar di blog saya🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: