Beranda > just info > Planet baru temuan teleskop Keppler NASSA

Planet baru temuan teleskop Keppler NASSA

JAKARTA – Teleskop NASA Keppler berhasil menemukan lima planet mirip bumi. Planet lebih besar dan lebih panas dari bumi itu bisa dihuni alien jika memang ada.

Daftar planet di luar galaksi Bimasakti lebih banyak berkat observasi pertama dari teleskop luar angkasa Keppler NASA. Teleskop tersebut menemukan lima planet baru mirip bumi yang mengorbit bintang-bintang.

“Saya ingin mengumumkan penemuan lima planet di luar sistem tata surya kita oleh Keppler, “ ujar Direktur Sains NASA William Borucki, mala mini

Keppler yang mengorbit untuk mencari planet baru, berhasil menemukan planet mirip bumi yang kemungkinan menjadi tempat tinggal alien, selain ditemukan sebuah obyek aneh yang mengorbit sebuah matahari dan mengukurnya dengan menggunakan getaran yang menjalar dari permukaan bintang.

Lima planet yang baru ditemukan lebih besar daripada ukuran bumi kita, diperkirakan seukuran dengan Neptunus, dan empat planet lainnya lebih besar daripada Yupiter.

Lima planet ini mengorbit sangat dekat dengan bintang-bintang mereka, dengan waktu rotasi sekitar empat sampai lima hari dan sangat panas. Temperatur panasnya lebih dari lava cair, bahkan besi pun akan meleleh di permukaannya. “Jadi mereka adalah planet yang sangat panas dan sangat terang,” ujar Borucki.

Planet yang berukuran seperti Neptunus dijuluki Keppler 4b memiliki kepadatan layaknya planet di tata surya kita, terdiri dari elemen yang lebih berat daripada hidrogen dan helium. Planet lainnya dinamakan Keppler 7b, memiliki kepadatan paling kecil di antara planet-planet yang ditemukan lainnya.

Keppler yang diluncurkan pada 6 Maret 2009 itu bertugas mencari cahaya lurus yang datang dari sebuah bintang dan mengindikasikan adanya planet yang transit di depan bintang tersebut.

Keppler telah menunjukkan kemampuan mengukur osilasi yang terpancar dari permukaan bintang. Dengan mempelajari seismologi bintang ini, dapat membantu peneliti menemukan pemahaman yang lebih baik atas usia dan struktur bintang.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: